Makalah Seni Rupa Tradisional

yang namanya sekolah pasti erat kaitannya dengan tugas ya gan..
nah ini adalah contoh makalah seni budaya yang judulnya

"makalah seni rupa tradisional"

langsung disimak aja ya gan !!!


~Tugas Seni Budaya
XII IPA 2

“SENI RUPA TRADISIONAL”

D
I
S
U
S
U
N







OLEH :
    Aria Bimantara
  Dea Fadla Fitriana
   Dwi Handoko
    Lilis Setianingsih
     Nurul Aini
   Siska Widia
   Sultan Vitu Alam
  Supri Adi

SMA N 1 BARADATU 2015/2016




KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Alah SWT yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah “Seni Rupa-Tradisional” ini.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Seni Budaya terutama pada pembahasan materi Seni Rupa Modern dan Tradisional. Makalah ini disusun untuk memenuhi kebutuhan bagi guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran Seni Budaya, sehingga dapat membantu dalam belajar.
Materi dalam makalah ini disajikan dengan runtut disertai dengan contoh-contoh dan ilustrasi yang cukup jelas dengan menggunakan kalimat yang sederhana dan komunikatif, sehingga mudah untuk dipahami. Penjelasan Materi disertai dengan gambar untuk memperjelas konsep yang disajikan.
Orang bijak mengatakan “Tiada Gading yang Tak Retak” sehingga makalah ini pun tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi kesempurnaan penyusunan makalah-makalah selanjutnya.


                                                                                                                                                                                                                               Baradatu,      Agustus 2016


    
                                                                                                                                                                                                                                              Penulis


















Daftar isi

Halaman
Halaman Judul .............................        1
Kata Pengantar ……….……….….        2
Daftar Isi……………………...…….         3

Isi pembahasan :
BAB I Pendahuluan
A.    Latar Belakang Masalah ..............      4
B.     Rumusan Masalah ......................      4
C.     Tujuan Penulisan ........................      4
D.    Metode Penulisan ........................      4

BAB II KAJIAN TEORI
A.    Pengertian Seni Rupa tradisional ................    5
B.     Ciri-ciri Seni Tupa Tradisional .....................    6
C.     Contoh Seni Rupa Tradisional ....................    6
1.Wayang Golek............................    6
2.Batik Banyumasan......................   7
3.Topeng  jawa & yogya.................   8
4.Seni Pahat Papua.......................    9
5.Seni Keramik Purwakarta............   10
6.Seni Anyaman...............................  10


BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ................................................ 11
B.     Kritik dan Saran ........................................  11

Daftar Pustaka ...................... ................................... 12













BAB I
PENDAHULUAN

            Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan sebagai ”kultur” dalam bahasa Indonesia

A. Latar Belakang
            Indonesia merupakan Negara yang kaya akan keanekaragaman kebudayaan dan suku dengan wilayah yang luas, tentu saja disetiap wilayah pasti memiliki Karya seni, dan di indonesia banyak sekali jenis seni rupa tradisional karena keragaman budaya tersebut, dan saat ini sangat perlu dilakukan upaya agar karya seni rupa tradisional terus berkembang dan menjadi lebih baik, jadi sangat diperlukan pengetahuan untuk generasi penerus tentang karya seni rupa tradisional.

B. Rumusan Masalah
            Dalam makalah ini diangkat beberapa topik permasalahan yang nantinya akan dibahas. Permasalahan tersebut adalah :
1.      Apa Pengertian dari Seni Rupa Tradisional-Sekarang ?
2.      Apa ciri-ciri seni rupa Tradisinal-Sekarang?
3.      Apa contoh seni rupa Tradisional-Sekarang ?

C. Tujuan Penulisan Makalah
Penulisan makalah ini tentunya bertujuan  untuk pemenuhan tugas seni budaya di sekolah kami. selain itu, penulisan makalah ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang seni rupa Tradisional di zaman sekarang, agar karya seni rupa tradisional bisa berkembang dengan baik dan tetap lestari sehingga tidak kalah saing dengan seni rupa modern.

D. Metode Pembuatan Makalah
            Dalam  pebuatan makalah ini, penulis melakukan kegiatan pencarian informasi dari media elekronik serta media cetak lainnya.
















BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Seni Rupa Tradisional
           Seni rupa tradisional-Istilah nama lain tradisional sendiri berasal dari kata “tradisi” yang berarti penunjuk kepada suatu lembaga, artefak, kebiasaan atau perilaku yang didasarkan pada tata aturan atau norma tertentu baik secara tertulis maupun tidak tertulis yang diwariskan secara turun temurun dari suatu generasi ke generasi berikutnya.
Berdasarkan pengertiannya, maka dari itu secara singkat bisa dikatakan bahwa karya seni rupa tradisional: “Karya seni rupa yang bentuk dan cara pembuatannya nyaris tidak berubah diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya”.
Seni rupa tradisional merupakan segala hal yang berkaitan dengan nilai-nilai suatu komunitas masyarakat tertentu yang dijaga secara turun temurun kemurnian dan keutuhannya.
Berdasarkan pengertian tersebut, karya seni rupa tradisional bisa diartikan sebagai karya-karya seni rupa, yang merupakan hasil budaya suatu masyarakat tertentu yang telah lama hidup dan dijaga dengan baik secara turun-temurun. Karya yang termasuk dalam jenis-jenis tersebut yakni, batik tulis jenis keraton, ukuran Toraja, patung suku Asmat dan sebagainya.
Bahkan tidak hanya itu saja, nilai dan landasan filosofis yang berada dibalik bentuk karya seni rupa tradisional tersebut pun umumnya relatif tidak berubah sama sekali dari masa ke masa.
Bentuk-bentuk seni rupa tradisional ini dibuat dan diciptakan kembali mengikuti suatu aturan pakem yang ketat berdasarkan sistem keyakinan atau otoritas tertentu yang hidup dan terpelihara dimasyarakatnya. Dalam konteks perkembangan seni rupa di Barat (Eropa), istilah seni rupa tradisional ini menunjukkan pada otoritas penguasa agama (gereja), raja dan para bangsawan.
Para seniman tradisional menciptakan karya berdasarkan keinginan atau aturan yang telah ditetapkan sesuai ”selera” institusi-institusi tersebut dan berlangsung dalam rentang waktu yang panjang dan disepanjang kekuasaan mereka.




§  Berdasarkan pengertian seni tradisional yang telah disebutkan di atas, kita jumpai berbagai karya seni rupa di Indonesia khususnya karya-karya seni kriya dapat dikategorikan sebagai karya seni rupa tradisional.
Bahkan banyak sekali benda-benda kriya yang sudah tersebar dikepulauan Indonesia dalam bentuk, bahan dan cara pembuatannya hingga saat ini tidak mengalami perubahan apapun sama sekali lho, sejak pertama kali diciptakannya.
Karya-karya seni tradisi ini biasanya hidup di lingkungan masyarakat yang masih kuat memegang norma atau adat istiadat yang diwariskan para memek moyang. Perubahan umumnya terjadi pada fungsi dari benda-benda kriya tersebut semula sebagai benda pakai atau benda-benda pusaka kini dukanan sebagai benda hias atau cindera mata.
Perubahan sistem sosial dan budaya masyarakat serta kemajuan teknologi berperan besar mempengaruhi perubahan fungsi benda-benda tersebut.
Seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjad bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum tertentu. Seni tradisional yang ada di suatu daerah berbeda debgan yang ada di daerah lain, meskipun tidak menutup kemungkinan adanya seni tradisional yang mirip antara dua daerah yang berdekatan.

B. Ciri-ciri Seni Rupa Tradisional
1.      Teknik Pembuatan Karya masih amat sederhana (manual)
2.      Bentuk hasil karyanya memiliki kepercayaan spiritual
3.      Bersifat tradisional karena kebudayaan agraris dan bahari
4.      Bersifat progresif yaitu adanya kebudayaan maritim
5.      Bersifat Kebinekaan
6.      Bersifat Kerajinan
7.      Bersifat nonrealistis dan seninya bersifat perlambang atau simbol


C. Contoh Seni Rupa Tradisional
        Ada banyak sekali karya seni rupa tradisional di Indonesia, berikut adalah contoh beberapa karya seni rupa tradisional di Indonesia.   

 

·         WAYANG GOLEK

Di Indonesia, wayang merupakan salah satu kesenian yang sangat populer. Tidak hanya wayang kulit, ada beberapa kesenian wayang yang terkenal. Salah satunya adalah Wayang Golek dari Jawa Barat.
Wayang Golek adalah salah satu kesenian wayang tradisional dari Jawa Barat. berbeda dengan kesenian wayang di pulau jawa lainnya yang menggunakan kulit dalam pembuatan wayangnya, Wayang Golek merupakan kesenian                                                                                                                                                                                             
wayang yang terbuat dari kayu. Kesenian Wayang Golek ini sangat populer di Jawa Barat khususnya di wilayah tanah pasundan.
Menurut beberapa sumber, sejarah Wayang Golek di mulai pada abad 17. Pada awalnya, kesenian Wayang Golek muncul dan lahir di wilayah pesisir utara pulau jawa. menurut legenda, Sunan kudus menggunakan Wayang Golek ini untuk menyebarkan agama Islam di masyarakat. Pada masa itu, pertunjukan Wayang Golek masih menggunakan bahasa jawa dalam dialognya. Kesenian Wayang Golek ini mulai berkembang di Jawa Barat pada masa ekspansi kesultanan mataram
Wayang Golek mulai berkembang dengan bahasa sunda sebagai dialognya. Selain menjadi media penyebaran agama, Wayang Golek berfungsi untuk pelengkap acara syukuran atau ruwatan. Pada saat itu pertunjukan Wayang Golek masih tanpa menggunakan sinden sebagai pengiringnya. Wayang Golek mulai menggunakan iringan sinden pada 1920an. Hingga saat ini Wayang Golek terus berkembang sebagai hiburan bagi masyarakat terutama di tanah sunda.
Dalam pertunjukan Wayang Golek ini sama seperti pertunjukan wanyang lainnya, lakon dan cerita di mainkan oleh seorang dalang. Yang membedakan adalah bahasa pada dialog yang di bawakan adalah bahasa sunda. Pakem dan jalan cerita Wayang Golek juga sama dengan wayang kulit, contohnya pada cerita Ramayana dan Mahabarata. Namun yang membedakan adalah pada tokoh punakawan, penamaan dan bentuk dari punakawan memiliki versi tersendiri yaitu dalam versi sunda.

 

BATIK  BANYUMASAN

Batik Banyumas awalnya berpusat di daerah Sokaraja, batik ini dibawa oleh pengikut-pengikut Pangeran Diponegero yang setelah usai peperangan tahun 1830, mereka kebanyakan menetap di daerah Banyumas. Pengikutnya yang terkenal waktu itu ialah Najendra dan dialah yang mengembangkan batik di Sokaraja. Bahan mori yang dipakai merupakan hasil tenunan sendiri dan pewarna yang digunakan adalah pewarna alam berupa pohon tom, pohon pace atau mengkudu, yang menghasilkan warna merah semu kuning.
Kejayaan Batik Banyumas pernah terjadi sekitar tahun 1965-an sampai 1970-an. Namun semakin kesini, Batik Banyumas kalah saing dengan batik dari daerah lain. Hal ini dikarenakan masalah pengelolaan, terutama masalah manajemen usaha. Batik Banyumas, susah berkembang karena                                                    
minimnya minat pembatik muda. Generasi muda saat ini, lebih memilih untuk bekerja di sektor formal dan enggan belajar membatik dari orang tuanya.                                                  
Para pengrajin Batik Banyumas terus melakukan inovasi dan kreasi agar menghasilkan motif yang baru dan tetap bisa diterima oleh pasar tanpa kehilangan identitasnya. Kombinasi dengan kain tenun lurik yang dibatik merupakan salah satu bentuk usaha menyelamatkan Batik Banyumasan dari kepunahan. Kalau tidak kreatif dan membuat inovasi baru, Batik Banyumasan lama-kelamaan bisa punah. Upaya Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam mendukung kelestarian batik Banyumas dengan cara menerapkan pemakaian seragam batik Banyumas bagi seluruh pegawai Pemkab Banyumas pada hari tertentu, biasanya hari Sabtu.
Batik Banyumasan mempunyai ciri pola batik tersendiri yang merupakan ciri batik pedalaman, yaitu banyak terinspirasi motif tumbuhan dan hewan. Sesuai dengan lingkunganya seperti hutan dan gunung. Proses pewarnaannya pun banyak menggunakan warna tua atau gelap dengan gambar yang lugas dan tegas, seperti budaya masyarakat Banyumas yang apa adanya. Walaupun ada beberapa pembuat batik di Banyumas yang membuat batik dengan motif yang berbeda. Batik Banyumas hampir memiliki kesamaan dengan motif Jonasan. Motif Jonasan merupakan kelompok motif non geometrik yang didominasi dengan warna-warna dasar kecoklatan dan hitam. Warna coklat karena soga, sementara warna hitam karena wedel. Batik Banyumasan memiliki kekhasan yang terlihat dari motif maupun pewarnaannya yang mempunyai warna pekat dan tandas.


SENI TOPENG TRADISIONAL
Di indonesia topeng pada awalnya berfungsi sebagai alat untuk berhubungan dengan arwah nenek moyang, dapat dilihat pada upacara-upacara adat suku Batak(Sumatra Utara), masyarakat sekitar Tolage-Alfur( Sulawesi Tengah ), dan juga pada upacara Tiwah pada suku Dayak di Kalimantan. Di Cirebon – Jawa Barat pertunjukan seni topeng juga tumbuh dari upacara magis untuk menghormati nenek moyang di dalam upacara Ngunjung,yaitu upacara menghormati arwah leluhur dengan pertunjukan topeng untuk memohon berkah dari buyut-buyut atau leluhur di makam mereka yang dikeramatkan. Akan tetapi, dengan masuknya agama Islam dan Kristen di Indonesia dan makin kuat pengaruhnya dalam masyarakat, maka kepercayaan itu menjadi tipis atau bahkan hilang sama sekali sehingga                                                                                                   
upacara pemanggilan roh tidak lagi diselenggarakan dan pertunjukan topeng, sekali pun masih diadakan, sudah dalam bentuk yang lebih sekuler.
Pada perkembangannya pertunjukan topeng banyak mengambil tema lakon dari ceritera Panji yang ditulis pada abad XIV sehingga secara perlahan sifat yang semula sakral berubah menjadi seni pertunjukan.
Topeng berdasarkan tradisi Jawa, pertunjukan topeng itu diciptakan pada tahun 1586 oleh Sunan Kalijaga, putra Bupati Tuban yang sangat gemar akan kesenian dan akhirnya menjadi salah seorang wali penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Topeng ini selanjutnya menyebar dan terus tumbuh dan berkembang kesegenap daerah dengan ciri dan corak masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya

SENI PAHAT PAPUA

Yang dimaksud dengan seni pahat Papua di sini adalah seni pahat karya masyarakat asli Papua yang tumbuh dan berkembang turun-temurun secara tradisional sejak masa Prasejarah dalam kelompok-kelompok suku bangsa yang pada umumnya masih terpencil dari komunikasi dengan dunia luar, sehingga pengaruh asing masih sangat sedikit. Baik konsepsi, bentuk maupun fungsinya pada umumnya berkaitan erat dengan kepercayaan yang berkembang bersamaan dengan tradisi prehistoris (megalitik) yang banyak persamaannya dengan masyarakat terasing lainnya di dunia. Dengan demikian dikelompokkan dalam kategori seni primitif dan yangjusteru mengandung banyak ciri-ciri universal.
Yang sangat menonjol (sekarang) adalah seni pahat suku Asmat, sedangkan suku-suku lain juga memiliki karya-karya seni pahat dengan ciri-ciri yang berbeda dalam citra perwujudannya, sedangkan latar belakang kegunaannya sama. Perbedaan variasi bentuk disebabkan oleh faktor-faktor extern maupun intern yang membentuk pribadi seniman yang mewakili masyarakatnya. Persamaan yang men-dasari adalah kegunaannya sebagai sarana untuk expresi maupun media kepercayaan mereka atas adanya kekuatan serta makhluk-makhluk super-natural yang setiap hari mempengaruhi lingkar kehidupan mereka, terutama roh nenek moyang. Fungsi lainnya, seperti sarana pemenuhan akan kebutuhan rasa keindahan justeru mendorong seniman untuk bervariasi dalam karya-karyanya.
 
Dengan latar belakang yang demikian maka hasil-hasilnya yang utama adalah patung-patung nenek moyang atau mbis dalam berbagai bentuk dan fungsi, fauna dan flora yang erat hubungannya dengan kepercayaan, baru menyusul benda-benda pakai dan hiasan-hiasan. Bentuknya ada yang tiga dimensi ada yang dua dimensi.                                                                                                                  
Bila karya yang religius itu terputus dari fungsi pada masyarakatnya tinggallah nilai estetika yang sekular dan dianggap sebagai seni murni.                                                                                                                                   
Para pemahat dan pengukir di Papua yang disebut Wow Ipits itu tidak terdidik, tetapi mengandalkan bakat yang diwarisi secara turun-temurun. Hal ini mengalami perubahan setelah hubungan dengan masyarakat (bahkan dunia) luar semakin luas. Makin lama makin disadari bahwa hasil karya mereka pun disenangi oleh orang lain dan dapat dijual atau ditukar dengan barang-barang keperluan hidupnya sehari-hari. Orang-orang makin banyak belajar mengukir dan memahat walaupun tidak diabdikan untuk kebutuhan keperca-yaan. Wow Ipits semakin banyak jumlahnya dan karya-karya seni tradisional itu pun makin tersebar luas.

SENI KERAMIK PURWAKARTA

Jika ke Bandung atau sebaliknya ke Jakarta melewati Cikampek, mampirlah ke Plered, Purwakarta, Jawa Barat Di sini banyak dijumpai keramik yang unik dan pantas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bentuknya beraneka ragam dan relatif murah.
            Sentra industri keramik Plered berada di wilayah selatan Kabupaten Purwakarta. Plered merupakan satu kecamatan yang memiliki luas wilayah 36,79 km persegi dengan jumlah penduduk 54,337 jiwa. Sentra industri kecil ini terletak di Desa Anjun, Citeko, dan Desa Pamoyanan. Plered sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil keramik. Dari tempat ini, berbagai bentuk dan ukuran keramik dibuat. Ada yang kecil, sedang hingga besar dengan berbagai aneka desain.
 Pembuatan keramik Plered memang sudah berlangsung turun temurun dan diperkirakan dimulai sejak tahun 1904. Awalnya, masyarakat sekitar membuat keramik dari tanah liat merah dan termasuk gerabah ini untuk memenuhi perkakas rumah tangga. Tapi, pada perkembangannya kerajinan tersebut mampu menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi masyarakat sekitar.
 Di sepanjang jalan tampak berjejer pajangan keramik yang menarik perhatian. Berbagai bentuk gerabah, mulai dari perabotan rumah tangga hingga mainan anak-anak bisa menjadi suvenir yang menarik. Bila berkunjung langsung, selain bisa menyaksikan langsung pembuatan keramik, Anda juga bisa mendapatkan harga lebih murah. Ada yang dijual mulai dari Rp 5.000,- sampai ratusan ribu rupiah.

TERAPAN-SENI TRADISIONAL (Seni anyaman)

Seni anyaman ialah milik masyarakat Melayu yang masih dikagumi dan digemari sehingga hari ini. Kegiatan seni anyaman ini telah bermula sejak zaman dahulu lagi.            
Ini boleh dilihat pada rumah-rumah masyarakat zaman dahulu di mana dinding rumah mereka dianyam dengan buluh dan kehalusan seni anyaman itu masih bertahan sehingga ke hari ini. Rumah yang berdinding dan beratapkan nipah tidak panas kerana lapisan daun nipah yang tebal menebat pengaliran haba.
Seni anyaman dipercayai bermula dan berkembang tanpa menerima pengaruh luar. Penggunaan tali, akar dan rotan merupakan asas pertama dalam penciptaan kraftangan anyaman yang telah menjadi usaha tradisi sejak berabad-abad lalu. Bahan-bahan asas tumbuhan ini tumbuh meliar di hutan-hutan, paya-paya, kampung-kampung dan kawasan di sekitar pasir pantai.
Pelbagai rupabentuk kraftangan dapat dihasilkan melalui proses dan teknik anyaman dari jenis tumbuhan pandanus (pandan dan mengkuang). Bentuk-bentuk anyaman dibuat didasarkan kepada fungsinya. Misalnya bagi masyarakat petani atau nelayan, kerja-kerja anyaman dibentuk menjadi bakul, topi, tudung saji, tikar dan aneka rupa bentuk yang digunakan sehari-harian.
Selain daripada tumbuhan jenis pandanus, bahan asas lain yang sering digunakan ialah daripada tumbuhan bertam, jenis palma engeissona tritis dan nipah. Berdasarkan bahan dan rupa bentuk anyaman yang dihasilkan, seni anyaman ini merupakan daya cipta dari kelompok masyarakat luar istana yang lebih mengutamakan nilai gunaannya. Walau bagaimanapun pada sekitar tahun 1756 hingga1794 telah terdapat penggunaan tikar Raja yang diperbuat daripada rotan tawar dan anyaman daripada bemban.
Proses menganyam disebut juga sebagai "menaja". Untuk memulakan satu-satu anyaman waktu yang baik ialah pada sebelah pagi atau malam. Dalam keadaan cuaca yang redup atau dingin, daun-daun lebih lembut dan mudah dibentuk tanpa meninggalkan kesan-kesan pecah. Biasanya beberapa orang melakukan anyaman ini berkelompok di halaman rumah atau beranda rumah pada waktu malam, petang atau waktu-waktu senggang pada sebelah pagi (jika kelapangan, kerana waktu pagi biasanya dipenuhi dengan kerja-kerja tertentu).
Rupa bentuk anyaman tradisi yang masih kekal penciptaan dan fungsinya hingga kini ialah tikar. Selain tikar yang datar dengan sifat dua dimensi, terdapat rupa bentuk anyaman tiga dimensi. Bentuk-bentuk anyaman begini biasanya digunakan oleh masyarakat pada masa dahulu untuk mengisi atau menyimpan bahan-bahan keperluan hidup dan kegunaan seharian. Beberapa daripada rupa bentuk ini ialah bakul, kampit (bekas belacan), tudung saji, kembal (rombong) dan sebagainya.
Terdapat dua ciri-ciri penting dalam ragam hias anyaman, iaitu penciptaan kelarai (motif) dan corak. Istilah kelarai dikhususkan kepada motif yang "berbentuk" (selalunya unsur alam) sementara corak dimaksudkan kepada susunan warna tanpa memperlihatkan kepada susunan warna dan bentuk motif. Anyaman tanpa kelarai disebut sebagai "gadas". Terdapat kira-kira 51 jenis kelarai yang berdasarkan unsur-unsur alam semulajadi seperti unsur-unsur tumbuhan dan binatang.
Di sesetengah tempat kelarai dimaksudkan kepada anyaman yang diperbuat daripada buluh dan digunakan sebagai dinding atau penyekat ruang rumah. Sementara di sesetengah tempat lain anyaman seperti ini diperbuat daripada bahan bertam yang disebut sebagai tupas. Ciptaan kelarai atau tupas lebih kukuh, tegas dan kasar bersesuaian dengan fungsinya sebagai penyekat ruang. Tiada bukti yang jelas untuk menetapkan tarikh bermulanya penciptaan kelarai. Melalui kajian yang dibuat dapat dikatakan bahawa penciptaan kelarai dalam anyaman merupakan satu perlakuan yang telah lama berlaku.
Bunga sulam merupakan satu teknik yang terdapat dalam ragam hias anyaman di mana ia akan mencantikkan lagi hasil yang telah dibentuk. Teknik sulam adalah teknik susun susup. Kesan bentuk bunga yang dibuat lebih merupakan kesan geometri asas seperti susunan bentuk tiga, segi empat, potong wajik dan sebagainya lagi.
Seni kerja tangan anyaman adalah sesuatu yang unik lagi rumit buatannya. Namun begitu, usaha untuk mempertahankan keunikan seni ini haruslah diteruskan agar tidak ditelan peredaran zaman. Budaya negara bukan sahaja dicerminkan melalui bahasa pertuturan dan adat resam bangsanya tetapi juga dicerminkan melalui kehalusan kerja tangan bermutu tinggi. Seni warisan yang unik ini wajar diberi perhatian, sokongan dan bantuan supaya dapat terus dipelihara dan dimanfaatkan bersama.










BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
            Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan sebagai ”kultur” dalam bahasa Indonesia.
            Ada banyak jenis dan karya seni rupa tradisional. Contohnya : Wayang Golek, Batik Banyumasan, Topeng tradisional Jawa & Yogya, Seni pahat Papua, Seni Keamik Purwakarta, Seni Anyaman, dan masih banyak lagi. Kita sebagai generasi muda wajib untuk tetap melestarikan seni rupa tradisional di daerah masing-masing agar seni rupa tradisional akan terus berkembang menjadi lebih baik, bahkan sampai taraf internasional.

B. Kritik dan Saran
            Alhamdulillah saya telah menyelesaikan makalah Seni Budaya ini. Saya tidak dapat memungkiri, makalah ini jauh dari kata sempurna. Maka daripada itu kami mohon kritik dan saran kepada pembaca, agar kami dapat membuat makalah-makalah  yang lebih baik lagi



nah, itu tadi contoh makalah nya gan, makasih udah berkunjung. . .

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini